Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Disamping Buka Pelayanan Sabtu dan Minggu, Dukcapil Minahasa Kunjungi Setiap Rumah Warga Lakukan Perekaman KTP

Dec 4, 2020, 19:33 WIB Last Updated 2020-12-04T12:37:47Z
Kepala Dinas Dukcapil Minahasa
Drs.Luvy Rumate

GlobalSatu.com, Minahasa - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil) Kabupaten Minahasa jemput bola untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk ( KTP).


" Ada 4 tim yang kita kerahkan dalam pembuatan KTP ini, bahkan untuk Kantor Dinas sendiri dibuka untuk hari Sabtu dan Minggu," Kata Kepala Dinas Luvy Rumate, Jumat (04/12)


Dijelaskannya pula, pihak dinas sendiri mengunjungi warga Minahasa yang belum memiliki KTP dengan perekaman dari rumah ke rumah,"Kecuali Kecamatan Tondano Raya, semua desa kita kunjungi dengan naik turun rumah warga. Begitupun dengan KTP yang sudah jadi langsung diserahkan ke pemiliknya. Ada yang kita bawah namun ada pula penyerahannya memalui pihak Kecamatan," Jelas Rumate


Dilakukannya perekaman KTP kerumah warga ini lanjut Kadis disamping kelengkapan administrasi, juga berkaitan dengan Pemilihan Kepala Daerah tanggal 9 Desember ini.


" Dari Coklit yang diberikan Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Minahasa didapati ada 3772 warga yang belum punya KTP dan saat kita sandingkan dengan data yang ada, kami sudah melakukan perekaman sekitar 2967 warga,jadi masih tersisa sekitar 805 warga. Namun setelah ditelusuri mereka memang ada di Kartu Keluarga tetapi melakukan aktifitas diluar daerah. Untuk data tersusah ini kita optimis bisa selesai sebelum hari H Pemungutan Suara," Lanjutnya.


Rumate juga memastikan sampai tanggal 9 hari pemungutan suara semua warga yang mempunyai hak pilih dan cukup umur yakni mereka yang berusia 17 tahun terdata di Dukcapil dan berhak mencoblos di Tempat Pemungutan Suara ( TPS)," Jadi sampai tanggal 9 Desember kita buka pelayanannya, menginggat ada warga yang genap berusia 17 tahun di tanggal itu, minimal mereka sudah merekam KTP dan menerima surat keterangan perekaman tersebut," Cetusnya.

( Ody)

Iklan