Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Musrembang RKPD Sesuai Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati

Mar 31, 2021, 16:43 WIB Last Updated 2021-03-31T10:12:15Z

GLOBALSATU.COM, MINAHASA - Hari ini, Rabu (31/03) Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Minahasa gelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPD) Minahasa tahun 2022 dibuka Bupati Royke Octavian Roring (ROR) yang dilaksanakan di Moy Confention Center, Rabu (31/3/2021).

Musrembang yang difasilitasi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Minahasa, dan mengambil tema tentang pemantapan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kontribusi sektor pertanian, perikanan dan pariwisata untuk mendukung pemerataan pembangunan wilayah dan kegiatan ini diikuti Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR), Wakil Bupati Robby Dondokambey (RD) juga Perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD), Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda), LSM, FKUB, serta Perutusan Masyarakat yang ada di Minahasa.

Dalam sambutan Bupati Minahasa Royke Octavian Roring, menyampaikan Musrenbang tersebut dilaksanakan sebagai salah satu tahapan guna menyusun Rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2022 yang merupakan tahun keempat pelaksanaan RPJMD Kabupaten Minahasa Tahun 2018-2023.


"Penyusunanya berjalan bersamaan dengan penyusunan Perubahan RPJMD Kabupaten Minahasa, dengan mengacu pada peraturan daerah nomo 1 tahun 2019. Oleh karena itu, Musrembang ini menjadi momentum penting dan strategis bagi pembangunan Kabupaten Minahasa untuk Tahun 2022 dan RKPD ini menjadi acuan penyusunan APBD Tahun 2022,"kata Bupati

Lebih lanjut Bupati berharap dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat menghasilkan output berupa kesepakatan tentang rumusan sebagai bahan penyempurnaan rancangan RKPD, serta sebagai bahan masukan dalam menyelaraskan dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi dan Nasional Tahun 2022.


"Mengingat penting dan strategisnya kegiatan ini, besar harapan kami Musrenbang ini akan memperoleh sinergitas Pemerintah Daerah dengan masyarakat dan swasta serta stakeholder terkait demi Minahasa berbudaya  maju dalam ekonomi dan budaya berdaulat adil dan makmur,"ungkapnya.


Bupati pun menjelaskan Musrembang RKPD ini Proses ini telah berjalan sesuai undang-undang yang berlaku."Memang tidak ada yang sempurna, namun RKPD ini sudah sesuai aturan perundang-undangan,  atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi kepada seluruh  tokoh masyarakat," terang Bupati.


Diapun berharap seluruh SKPD terus konsisten menjalankan tugas meski ditengah pandemi."Marilah kira tetap konsisten, biar ditengah pandemi yang banyak memakan biaya dalam peyelesaian permasalahan tersebut tapi ditengah kesulitan ini RKPD akan tetap bisa dicapai, dan akan sesuai visi misi bupati dan wakil bupati," imbuhnya.

Adapun Tahapan yang telah dilaksanakan dalam Penyusunan RKPD Tahun 2022  adalah:


  • Musrenbang Desa dilaksanakan Oktober sampai dengan bulan Desember 2020 dan Musrenbang Kelurahan dilaksanakan 20 sampai dengan 28 Januari 2021 bertempat di Desa/Kelurahan se-Kabupaten Minahasa.
  • Orientasi Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dilaksanakan pada 20 Januari 2021 bertempat di Bappelitbangda Kabupaten Minahasa;
  • Musrenbang Kecamatan dilaksanakan pada 17 sampai dengan 26 Februari 2021 bertempat di Kecamatan se-Kabupaten Minahasa;
  • Forum Konsultasi Publik dilaksanakan pada 15 Februari 2021 bertempat di BPU Tondano.
  • Forum Perangkat Daerah dilaksanakan pada 25 sampai dengan 26 Maret 2021 bertempat di Bappelitbangda Kabupaten Minahasa.


Turut hadir dalam Musrbang itu, Direktur Regional 2 Bappenas RI, direktur perencanaan, evaluasi dan informasi pembangunan daerah Ditjen bina pembangunan daerah, kepala  Bappeda provinsi, ibu ketua dan wakil ketua TP PKK, para asisten dan staf ahli Bupati, kepala Dinas, kantor/satuan se-Minahasa, Kabag Setda, camat dan instansi pemerintah daerah dan instansi vertikal, unsur akademik, tokoh masyarakat, unsur LSM dan pengusaha serta peserta Musrembang.( Ody)

Iklan