Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Toilet Gratis, Dirut Yanes Posumah : Jadikan Pasar Beriman Sebagai Pasar Sehat

Feb 3, 2023, 13:10 WIB Last Updated 2023-02-03T10:05:07Z

 


Globalsatu.com,Tomohon- Direktur Utama PD Pasar Beriman Tomohon, Yanes Posumah STh mengatakan, PD Pasar dalam memperkuat komitmen, maka ingin menjadikan Pasar Beriman sebagai pasar sehat sehingga diberlakukan Retribusi tambahan bagi Pedagang. Jumat 3/2/2023.


Dijelaskan Dirut, mengapa perlu tambahan retribusi Rp 3000 Karena untuk toilet kami butuh tenaga untuk membersihkan, juga untuk listrik kami butuh tambahan dana untuk pembayaran di setiap bulan.



Lanjut Dirut, Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa harus digratiskan toiletnya, yang pertama tujuannya adalah untuk kesehatan dari pasar karena pada beberapa hari yang baru lewat atau pada waktu-waktu sebelumnya ternyata ada banyak pedagang, buang air kecil maupun buang air besar itu ada di tempat-tempat berjualan, biasanya itu ada di subuh atau pagi-pagi.


Itu ada banyak,  ketika toilet belum dibuka ataupun ada toilet yang dibuka tapi karena mungkin kendala dengan tidak ingin membayar dan sebagainya, sehingga terjadilah ada banyak tempat-tempat berjualan yang dengan sembarangan orang membuang air kecil bahkan ada buang air besar, sehingga kami mencari satu solusi. Ungkap Posumah.


Sehingga dengan adanya layanan pasar dengan lainnya yaitu toilet gratis. Dengan Toilet Gratis ini juga menjaga kesehatan, menjaga kesehatan bukan cuma dari pedagang tetapi juga untuk para pengunjung.


Toilet yang ada di pasar digratiskan tetapi kami membuat tambahan retribusi 3.000 rupiah itu pun ada dasar yaitu dasar dari Perda nomor 17 tahun 2008 tentang retribusi jasa layanan.


Jadi itu ada tambahan jasa layanan yang kami sediakan dan kami pungut 3000 rupiah itu pun kami sudah mengarahkan survei kepada para pedagang dan ada banyak yang respon positif karena menurut para pedagang bahwa bukan cuma Rp 3.000 bahkan sampai 10.000 per hari bisa.


Karena ke toilet itu semua harus dibayar jadi dengan tambahan ini ada sekitaran 90% yang setuju dengan respon positif dan siap membayar Rp 3.000 dan itu kami laksanakan mulai kemarin.


Ini disampaikan supaya masyarakat luas dapat mengetahui untuk mengunjungi pasar kota Tomohon semuanya bisa menggunakan toilet toilet dimanapun selain digratiskan.


Nanti kami akan posting di Sosmed bahwa toilet yang sekarang dengan yang dulu itu sangat jauh berbeda, karena yang sekarang ini selain gratis kami membuat toilet itu nyaman bersih bahkan harum. perlu ditambahkan juga bahwa Di Pasar ini akan di pasang CCTV. Tutup Posumah.

(Stenly)

Iklan