Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Inovasi Kelapa Genjah JG Membuat Presiden RI Usulkan Bupati Joune Ganda Terima Penghargaan Satyalancana

May 10, 2023, 07:51 WIB Last Updated 2023-05-10T00:52:08Z

Globalsatu.com,MINUT - Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda menerima kunjungan Tim Verifikasi dari Sekretariat Militer Presiden dibawah Kementerian Sekretariat Negara untuk memverifikasi atas usulan penganugerahan Satyalancana pembangunan bidang pertanian di Kabupaten Minahasan Utara, di JG Center, Selasa (09/05/2023).


Presiden melalui Kementerian Sekretariat Negara mengusulkan Bupati Joune Ganda menerima tanda kehormatan Satyalancana pembangunan dibidang pertanian atas inovasi varietas Kelapa Genjah Jingga Ganda (JG).


Tim Verifikasi Gian Martika Kuswandi mengatakan, pemberian penghargaan ini diusulkan dari Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara melalui Kementerian Pertanian dan masuk kepada Presiden melalui Sekretariat Militer Presiden.


"Pemberian tanda Satyalancana ini dalam rangka acara Penas ke-16 yang akan dilaksanakan pada tanggal 10-15 Juni di Padang, dan sesuai undang-undang kami harus memverifikasi, melihat paparan dan meninjau lapangan sesuai dengan inovasi pak Bupati dalam hal ini Kelapa Genjah," kata Gian Martika Kuswandi.


Bupati Joune Ganda dalam pemaparannya mengatakan, keberhasilan pembangunan bidang pertanian di Minahasa Utara adalah berkat dukungan dari pemerintah pusat dan para petani juga dari UMKM dalam pengembangan komoditas kelapa.


"Usulan pemberian penghargaan ini juga adalah proses yang sudah diusulkan oleh Gubernur yang memberikan rekomendasi kepada Kementerian Pertanian, ditandatangani oleh pak Gubernur sendiri, dan ini tentunya atas dasar pertimbangan dan penilaian," ucap Bupati Joune Ganda.


"Saya merasa senang karena kedatangan tim verifikasi dari Sekretariat Militer Presiden berarti saya sudah berhasil melewati tahapan-tahapan yang tidak mudah. Mohon doanya agar proses verifikasi ini dapat berjalan lancar, sehingga saya bisa dianugerahkan Satyalancana pembangunan atau Wirakarya," pungkas Bupati Joune Ganda.


Dalam peninjauan lapangan Bupati menjelaskan kepada tim verifikasi bahwa untuk varietas Kelapa Genjah Jingga Ganda ini, tingginya mencapai 5 meter dengan durasi pertumbuhan 3,5 tahun.


Terpisah, Ketua KTNA Minut Arly Dondokambey menyampaikan rasa senang dan bersyukur karena Bupati Joune Ganda bisa diusulkan mendapat penghargaan Satyalancana dari Presiden.


"Dengan adanya komitmen dari bapak Bupati, maka Kabupaten Minahasa Utara sudah siap untuk memproduksi bermacam varietas unggul baru seperti Kelapa Genjah JG yang hanya ada di Minahasa Utara," ujar Arly Dondokambey.


Hadir dalam Verifikasi dan peninjauan lapangan, tim Sekretariat Militer Presiden dan Kementan, Kepala Dinas Pertanian Minut Wangke Karundeng, Asisten II Allan Mingkid, para Kepala OPD terkait, Ketua KTNA Minut Arly Dondokambey, para Camat se-Kabupaten Minahasa Utara dan Pj Kumtua Desa Suwaan Agustien Kodoati. (Ekin)

Iklan