Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Minut Launching Gerakan Pangan Murah Nasional

Jun 26, 2023, 20:49 WIB Last Updated 2023-06-26T13:49:30Z

Globalsatu.com,MINUT - Pemkab Minut mengikuti Lunching serentak Gerakan Pangan Murah (GPM) Nasional secara virtual bersama Kementerian Dalam negeri di kantor Camat Airmadidi, Senin (26/06/2023).


Launcing serentak GPM Nasional digelar di Hotel Borobudur Jakarta, di hadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Wakil Menteri BUMN, Perwakilan Gubernur Bank Indonesia, Dirut Perum Bulog dan para undangan.


Launching GPM ini dilaksanakan serentak pada 341 titik lokasi pelaksanaan, yang terdiri dari 37 Provinsi dan 296 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, dalam rangka memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Idul Adha.


Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan, upaya pemerintah pusat hingga pemerintah daerah tentang inflasi yang berkaitan erat dengan pangan, diharapkan dengan adanya pasar murah ini akan membantu masyarakat di daerah-daerah agar lebih mudah mendapatkan kebutuhan bahan pokok.


Ini semua dapat terlaksana melalui kerja sama yang baik antara pihak Kementerian Dalam Negeri, Badan Pangan Nasional, Bank Indonesia, Pemerintah Daerah melalui dinas yang membawahi urusan pangan, pelaku usaha (BUMN, BUMD, dan swasta).


Semantara, Bupati Minut Joune Ganda mengatakan, pemerintah mengupayakan gerakan untuk pengendalian inflasi seperti Gerakan Pangan Murah saat ini, yang juga sedang dilakukan di Kabupaten Minahasa Utara.


"Beberapa kegiatan terkait GPM ini sudah direncanakan bersama beberapa stakeholder termasuk dari Bulog, Kios Tani Indonesia, Indomaret dan beberapa distributor telur ayam, petani cabe rawit juga pelaku-pelaku udaha lainnya, termasuk yang paling penting dari Bank Indonesia, Bank SulutGo Airmadidi dan PT Tirta Investama," kata Bupati Joune Ganda.


"Dampak dari memberikan pangan murah kepada masyarakat ini tujuannya adalah dalam rangka menekan laju inflasi menjelang  hari raya Idul Adha yang sebentar lagi kita rayakan," ucap Bupati Joune Ganda.


Bupati Joune Ganda menyampaikan, Minahasa Utara termasuk daerah yang tingkat inflasinya rendah dibandingkan daerah lain di Indonesia. Tingkat inflasi di kabupaten Minahasa Utara adalah yang terendah dan tingkat pertumbuhan ekonominya juga tinggi, lebih tinggi dari Kab/Kota lainnya di Provinsi Sulawesi Utara.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten II Pemkab Minut Alan Mingkid, Kadis Pangan Jemmy Kuhu, Kadis Perdagangan Maximelian Tapada, Kadis Pertanian Wangke Karundeng, Kadis Kominfo Robby Parengkuan, Kepala Inspektorat Stephen Tuwaidan, Direktur PUD Klabat Masye Dondokambey, Camat Airmadidi Rocky Tangkulung, Sekertaris Camat Melky Wantania, para Staf Dinas Pangan, Para staf Kecamatan Airmadidi dan Masyarakat.(Ekin)

Iklan