Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Dua Ribu Pekerja Rentan di Minut di Lindungi BPJS Ketenaga Kerjaan

Mar 20, 2021, 21:43 WIB Last Updated 2021-03-20T14:43:08Z

GlobalSatu.com, Minut -  Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara ( Minut) daftarakan dua ribu pekerja rentan dilindungi oleh program jaminan sosial ketenagakerjaan.


Hal tersebut setelah Bupati Minut, Joune Ganda resmi menandatangani MoU kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.


"Puji Tuhan, saya telah menandatangani nota kesepahaman dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi para pekerja rentan di Kabupaten Minahasa Utara," kata Joune.


Dikatakan Joune, perlindungan tersebut dalam bentuk Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi dua ribu pekerja rentan. Selain itu, perlindungan juga akan diberikan kepada Tenaga non ASN, Aparat Desa dan BPD agar dapat meningkatkan kinerja dalam mendukung roda pemerintahan.


"Kami mengawali komitmen ini dengan melakukan penandatangan MoU antara Pemkab Minut dengan BPJS Ketenagakerjaan. Diharapkan pada Juni mendatang, perlindungan bagi pekerja rentan sudah dapat direalisasikan dan ke depannya secara bertahap semua pekerja baik formal, informal maupun jasa konstruksi sudah dilindungi oleh Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini," ujar Joune.


Joune berharap, dengan mengikutsertakan pekerja rentan di tanah Tumatenden dalam program penjaminan ini, bisa menekan angka kemiskinan akibat resiko kecelakaan kerja maupun kematian. Pekerja juga dapat lebih tenang menjalankan tugas-tugasnya karena sudah adanya perlindungan.


"Ini adalah salah satu cara yang saya dan pak Wakil Bupati Kevin W Lotulung ingin lakukan demi peningkatan kesejahteraan di daerah ini," kata Joune kembali.


Sementara, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bitung dan Minahasa Utara, Widhi Astri Aprillia Nia, memberikan apresiasi atas komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dalam melindungi pekerja, baik pekerja formal dan informal.


"Kami mengharapkan sinergitas antara BPJS Ketenagakerjaan dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dapat dipertahankan, sehingga dapat menghasilkan inovasi-inovasi dalam meningkatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh masyarakat pekerja di Kabupaten Minahasa Utara," ujar Widi.(Wsg)

Iklan