Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Jalan Penghasil PAD di Desa Walantakan Langowan Utara Ini Rusak Berat

Mar 20, 2021, 21:02 WIB Last Updated 2021-03-21T12:11:36Z

Globalsatu.com, Minahasa  - Jalan masuk ke arah Pasar Baru Langowan dari arah Taraitak, Toraget, Walantakan ke Desa Karumengah, Kecamatan Langowan Utara tepatnya depan Puskesmas dikeluhkan warga.


Jalan alternatif yang biasanya digunakan warga untuk membawah hasil panen mereka ke pasar baru langowan ini banyak berlobang, dan mengalami rusak berat.


Akibat dari kerusakan jalan itu,bukan hanya sedikit pengendara yang mengalami musibah kecelakaan,terlebih saat musim penghujan tiba.


" Ini jalan Kabupaten dan harus diperhatikan,apalagi menjadi jalan alternatif warga yang membawa jualan mereka kepasar baru.Jalan penghasil PAD ( Pendapatan Asli Daerah).Karena keberadaan jalan seperti ini sudah banyak kendaraan yang terjebak dalam lobang bahkan beberapa pengendara motor mengalami kecelakaan," Kata Kons Taroreh warga Desa Toraget, Sabtu (20/03)


Ternyata jalan Puskesmas Walantakan ini dibangun saat masa jabatan Bupati Stevanus Vreeke Runtu (SVR)," Jalan ini dibangun saat masa pemerintahan Bupati SVR,dan sampai saat ini sudah tidak pernah di perbaiki,"kata Kumtua Desa Walantakan Nike Sembel.


Kumtua pun menuturkan,kondisi jalan tersebut akan lebih memprihatinkan saat datang musim penghujan," Kalau musim hujan jalan ini sangat sulit di lewati, karena banyak tumpukan sampah yang dibawah dari desa Taraitak  dan Desa Toraget dan semua masuk ke jalan serta sawah yang ada di sekitar jalan itu, apalagi tidak ada drainase yang dibangun di samping kiri maupun kanan jalan," Jelas Sembel.


Prihatin dengan keberadaan jalan tersebut, pemerintah desa Walantakan sempat membuat Gorong-gorong dan drainase," Kami sempat memperbaikan gorong-gorong dan pembuatan drainase beberapa ratus meter untuk pembuangan air kiriman dari desa tetangga dan sumbernya dari Dana Desa," Ujarnya.


Diapun berharap Pemerintah Kabupaten Minahasa lewat Dinas terkait dapat memperhatikan keberadaan jalan tersebut.


" Ya kami sangat berharap jalan ini mendapat perhatian pemerintah khususnya dinas terkait,dan secepatnya dapat diperbaiki," Pungkasnya.(Ody)


Iklan