Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Hanya Ada di Minut, Kelapa Genjah JG Siap Dikembangkan Oleh KTNA

Mar 29, 2023, 18:39 WIB Last Updated 2023-03-29T11:39:21Z

 

Globalsatu.com,MINUT - Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) siap mengembangkan Kelapa Genjah Jingga Ganda (JG) yang hanya ada di Minut.


Bupati Minut Joune J.E Ganda SE, MAP, M.M, M.Si, saat ditemui oleh Ketua KTNA Minut Arly Dondokambey didampingi periset ahli madya BRIN Ismail Maskromo dan penemu varietas Elsye Tenda, di JG Center, Rabu (29/03/2023), menyambut baik inovasi dari KTNA Minut tersebut.


Bupati Joune Ganda memberikan apresiasi dan siap mensupport KTNA Minut dalam pengembangan Kelapa Genjah JG dan memberikan perintah kepada Kapala Dinas Pertanian Minut Wangke Karundeng untuk segera menindaklanjuti hal ini.


"Dinas Pertanian segera tindaklanjuti dengan membuat MoU, perjanjian kerjasama dalam pengembangan Kelapa Genjah JG dengan penyediaan lahan sebesar 5 hektar untuk kebun bibit sekaligus dengan anggarannya," kata Bupati Joune Ganda.


Arly Dondokambey menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Bupati dan mengatakan, Kelapa Genjah JG memiliki beberapa keunggulan dari jenis kelapa lainnya karena kecenderungan antioksidannya tinggi, dapat meningkatkan daya tahan tubuh.


"Kelapa Genjah JG bisa dibeli dengan harga lima ribu sampai delapan ribu rupiah perbuahnya. Saat ini belum bisa dijual diluar daerah karena sebelum diregistrasi secara nasional, kelapa ini belum bisa dijual di luar Sulawesi Utara, namun kami bersama BRIN sedang berupaya untuk proses registrasinya," ucap Dondokambey.


Lebih lanjut Dondokambey menjelaskan, Kelapa Genjah JG ini sangat cocok dibuat Kopra Putih dengan ongkos yang rendah namun dapat memperoleh hasil yang maksimal, untuk target tahun ini sudah menghasilkan bibit dan sudah teregistrasi sebagai produk lokal yang hanya ada di Minahasa Utara.


Ismail Maskromo juga menyampaikan sejumlah keunggulan dari Kelapa Genjah JG yang cepat berbuah dan tidak cepat bertambah tinggi, cocok juga menjadi tanaman hias bonsai kelapa karena warnanya yang unik yaitu jingga, sehingga nilai ekonomisnya lebih tinggi. Warna jingganya mengandung anti oksidan tinggi dan hasilnya berlipat ganda, itu sebabnya kelapa ini dinamakan Kelapa Genjah Jingga Ganda(JG).


"Melalui beberapa tahapan, kami akan segera meregistrasi ke Kantor Pusat Pendaftaran Varietas Tanaman dengan brand Minahasa Utara. Setelah didaftarkan baru kemudian akan dirilis resmi dan nantinya menjadi varietas unggul nasional untuk dilempar ke pasaran, dan jika orang ingin mencari varietas ini hanya bisa didapatkan di Minahasa Utara," terang Ismail. (Ekin)

Iklan