Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2023 Oleh Presiden Jokowi Dihadiri Wabup Kevin Lotulung

Mar 2, 2023, 14:38 WIB Last Updated 2023-03-02T07:38:18Z

Globalsatu.com, MINUT- Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Utara (Minut) Kevin W Lotulung SH, MH mengikuti Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2023 yang dibuka langsung oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo, di Jakarta International Expo Kemayoran Hall B1 dan B2. 


Rakornas penanggulangan bencana dilaksanakan dalam rangka penguatan koordinasi dan keterpaduan penyelenggaraan penanggulangan bencana oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan maksud sebagai sarana koordinasi antar BNPB dan BPBD beserta stakeholder terkait baik pusat maupun daerah, dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.


Presiden Jokowi dalam sambutannya mengungkapkan, frekuensi bencana di Indonesia yang meliputi banjir, letusan gunung berapi, tanah longsor, gempa bumi serta bencana alam dan nonalam lainnya, naik 81 persen, dari 1.945 bencana di tahun 2010 menjadi 3.544 bencana di tahun 2022.


"Saat ini semua negara tengah mewaspadai perubahan iklim yang berpotensi meningkatkan frekuensi bencana alam di dunia yang naik drastis, dan Indonesia menempati tiga teratas paling rawan bencana," kata Presiden Jokowi. 


"Untuk itu, kuncinya adalah kita harus selalu siaga dan waspada, semuanya harus disiapkan, baik pada tahap prabencana, pada tahap tanggap darurat, maupun pascabencana, semuanya harus dikelola dengan baik," ujar Presiden Jokowi.


Hadir dalam Rakornas tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudaydan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto serta Kepala Daerah Se-Indonesia dan Forkopimda, juga Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo SIK. (Ekin)

Iklan