Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Minut Bersama Bank Indonesia Gelar High Level Meeting TPID dan TP2DD

Mar 29, 2023, 20:02 WIB Last Updated 2023-03-29T13:02:40Z

 

Globalsatu.com,MINUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut)  bersama Bank Indonesia menggelar High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), di JG Center, Rabu (29/03/2023).


Berdasarkan Keputusan Presiden RI no.23 tahun 2017 tentang Tim Pengendalian Inflasi Nasional, maka Tim Pengendalian Inflasi Daerah, harus mengambil peran sebagai wujud tindaklanjut dari keputusan Presiden.


High Level Meeting TPID dan TP2DD ini dilaksanakan dalam rangka membahas dan mencari solusi atas apa yang menjadi isu ekonomi secara aktual, merupakan dua objek yang digabungkan karena pembahasannya berkaitan satu sama lain, yaitu antara pengendalian inflasi dengan ekonomi digital, keduanya saling mendukung.


Dalam sambutannya, Bupati Minahasa Utara Joune J.E. Ganda, SE., MAP, M.M, M.Si memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia beserta stakeholder terkait atas terselenggaranya acara ini untuk mendapatkan informasi supaya bisa menentukan langkah-langkah yang akan diambil untuk penanganan inflasi.


"Menghadapi situasi global nasional yang tidak menentu saat ini sementara kita sedang menjalani bulan puasa Ramadhan, pastinya akan ada potensi kenaikan harga di pasar, untuk itu kami selaku pemerintah terus melakukan operasi pasar untuk melakukan intervensi terhadap kenaikan harga bahan pokok," kata Bupati Joune Ganda.


"Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara telah melakukan langkah-langkah strategis yang disebut 4K yaitu, ketersediaan bahan pangan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi produktif. Diharapkan kolaborasi tim pengendalian inflasi daerah bersama semua pihak terkait, dapat terus dilakukan untuk memantau perkembangan harga dalam penanganan inflasi," ucap Bupati Joune Ganda.


Sementara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Andry Prasmuko dalam sambutannya mengatakan, untuk percepatan dan perluasan digitalisasi, juga beberapa hal yang perlu dilakukan bersama, diantaranya melakukan inovasi-inovasi agar masyarakat tertarik bertransaksi secara digital, berharap agar stakeholder terkait dalam hal ini PT. Telkom dapat melakukan percepatan pembangunan jaringan internet di daerah-daerah yang masih belum dijangkau.


Dalam kegiatan tersebut juga diadakan penyerahan bibit secara simbolis dan Penandatanganan Kerjasama Antar Daerah (KAD) antara Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Minut Kevin W. Lotulung SH, MH, Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo SIK, Deputi Perwakilan Bank Indonesia Prov. Sulut Fernando Butar Butar bersama jajaran Bank Indonesia, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Dr Linda D. Watania, M.M, M.Si bersama jajaran pemerintah Kabupaten Minahasa, Sekda Minut Ir. Novly Wowiling, M.Si, GM PT. Telkom Sulut – Malut Sri Widodo, Perwakilan PT. Pertamina Revi Renaldhi, Perwakilan BSG Linda Moniaga dan seluruh Kepala OPD Pemkab Minut. (Ekin)

Iklan