Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Empat Ormas Muslim Minut Gelar Halal Bihalal Bertema Memperkuat Ukhuah Islamiah Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika

May 25, 2023, 09:26 WIB Last Updated 2023-05-25T06:45:39Z

Globalsatu.com,MINUT - Empat Ormas Islam Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yakni PCNU Minut, IPHI Minut, BKMM-DMI Minut, dan KWI Minut menggelar Halal bihalal di RM Dua Mutiara, Rabu (24/05/2023).


Dengan Tema Memperkuat Ukhuah Islamiah Dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika, Halal bi Halal dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mempererat silaturahmi.


Sambutan Bupati Minut Joune Ganda yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Sammy Rompis mengatakan, tradisi Halal bi Halal adalah sarana Silaturahmi bagi sesama umat Muslim maupun masyarakat pada umumnya.


“Hal ini termasuk dalam Visi dan misi Pemerintah untuk mewujudkan Minahasa Utara yang hebat berlandaskan iman dan gotong royong, dengan mempererat tali silaturahmi, mempererat tali persaudaraan rasa kekeluargaan dan rasa keikhlasan kita, saling mendukung untuk mencapai tujuan-tujuan yang baik,“ kata Rompis.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Bupati dan Wakil Bupati menyampaikan selamat bersyukur atas Halal bi Halal, tetap jaga persatuan dan kesatuan hidup rukun dan damai, saling menjaga silaturahmi dan rasa solidaritas sebagai perwujudan masyarakat negara kesatuan Republik Indonesia," lanjut Rompis membacakan sambutan Bupati.


Sementara Ketua PCNU Minut H. Baidlowi Ibnu Hajar menyampaikan maksud dan tujuan acara Halal bi Halal ini adalah untuk merajut persaudaraan antar umat manusia, saling memaafkan, khususnya di kabupaten Minahasa Utara yang harus lebih maju dan hebat, karena kita semua adalah ciptaan Tuhan.


Senada, Ketua BKMM-DMI Minut Soeprapti Djumangin mengatakan, melalui Halal bi Halal empat organisasi Islam ini, diharapkan mampu menyatukan perbedaan-perbedaan antara organisasi dalam satu pemikiran dan tujuan demi kemajuan bersama.


"Halal bi Halal ini adalah moment penting sebagai ajang silaturahmi bagi seluruh umat Muslim untuk saling memaafkan. Mari semua organisasi Muslim yang ada di Minut untuk bersama-sama bergandengan tangan, sebagai pemimpin-pemimpin bersatu untuk umat," ucap Soeprapti.


Terpisah, Anggota DPRD Kab. Minut Jaffar Efendi Moha mengatakan, lewat Halal bi Halal ini kita bisa saling bersilahturahmi dan saling memaafkan usai menjalankan ibadah puasa.


"Mari seluruh ormas Muslim dan Non Muslim di Minahasa Utara, kita bersama-sama bergabung dalam Halal bi Halal karena itu merupakan satu kebanggaan untuk kita dalam memajukan Minahasa Utara,” ujar Fendi Moha.


Turut hadir dalam Halal bi Halal tersebut, Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo SIK, Staf ahli Bupati Toar Sendow, Majelis Wakil Cabang (MWC) SE Minahasa Utara, Anggota DPD RI Hj. Djafar Alkatiri, Anggota Dewan Minut Sarhan Antili, Kabag Pembangunan Usman, Kapolsek Airmadidi IPTU Yusi Kristiana, Kabag Kesra Dr. Youce Togas, Ketua Muslimat Provinsi Sulut HJ. Sarce Mokoginta, dan Ketua KWI Minut Fitri Lawe serta Keimaman Se-Minahasa Utara. (Ekin)

Iklan