Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Joune Ganda Didampingi Dirut PDAM Minut Hadiri IWWEF 2023

Jun 6, 2023, 19:39 WIB Last Updated 2023-06-06T12:39:18Z

Globalsatu.com,MINUT - Pengurus pusat Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) menggelar Indonesia Water and Wastewater Expo dan Forum (IWWEF) 2023, membahas perkembangan serta inovasi terbaru dalam bidang pengelolaan air minum hingga air limbah, yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (06/06/2023).


Dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Prof. Dr. (HC) K.H Ma'ruf Amin, kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune J.E Ganda SE, MAP, M.M, M.Si didampingi Dirut PDAM Minut Roland Maringka.


Dalam sambutannya, Wapres RI mengatakan, Pemerintah menargetkan penyelesaian air bersih dan sanitasi yang layak sesuai amanat yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024 ditargetkan 100% rumah tangga memiliki akses air minum layak dan 15 % akses air minum aman di tahun 2024.


Wapres meminta Pemerintah Daerah sebagai pihak yang memperoleh pendelegasian kewenangan pengelolaan air minum, agar menciptakan iklim usaha yang kondusif di daerahnya. Serta memperkuat komitmen dalam memberi layanan terbaik penyediaan air minum kepada masyarakat.


"Kelangkaan air bersih dan sanitasi yang tidak layak kerap ada di daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi. Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), sebanyak 7 dari 10 sumber air rumah tangga tercemar limbah, dan jika kondisi ini tidak segera diubah, maka yang dikorbankan adalah generasi masa depan," kata Wapres Ma'ruf Amin.


Sementara Ketua Umum Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia (PERPAMSI) Lalu Ahmad Zaini, menyampaikan harapannya agar IWWEF 2023 dapat menjadi wadah yang efektif untuk menghasilkan output yang berkelanjutan di bidang pengelolaan air.


“Para pemangku kepentingan dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman serta menjalin kerja sama dan kolaborasi untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan air minum serta pengelolaan air limbah domestik di seluruh Indonesia," ucap Zaini.


Dalam kegiatan ini juga diselenggarakan pameran produk air minum dan air limbah terkini dari berbagai perusahaan dan lembaga dari dalam maupun luar negeri. Pameran akan menjadi media yang efektif untuk mempromosikan berbagai produk unggulan air minum dan air limbah.


Turut hadir dalam kegiatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M. Basuki Hadimuljono, para Ketua Asosiasi Air Minum dan Sanitasi negara-negara ASEAN dan Australia, para Bupati dan Walikota se-Indonesia, serta para Pengurus Pusat dan Dewan Pengawas PERPAMSI. (Ekin)

Iklan