Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Joune Ganda Resmikan Bantuan Air Bersih Pompa Hidran Program TNI AD Manunggal Air di Desa Teep Warisa

Jul 25, 2023, 21:19 WIB Last Updated 2023-07-25T14:19:53Z



Globalsatu.com,MINUT
- TNI Angkatan Darat (AD) menggelar peresmian penggunaan fasilitas air bersih Pompa Hidran secara serentak se-Indonesia program TNI AD Manunggal Air dan pencanangan percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan Kodim1310 Bitung untuk masyarakat di Desa Teep Warisa, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi utara, Selasa (25/07/2023).


Komandan Kodim 1310 Bitung Letkol Arm Yoki Efriandy Gumai, M Han menyampaikan, puji syukur karena bisa melakukan peresmian secara serentak bantuan air bersih menggunakan fasilitas Pompa Hidran yang menggunakan kekuatan tekanan grafitasi dan air program TNI Angkatan Darat Manunggal air yang dilakukan secara virtual dipimpin Kepala Staf angkatan Darat Jendral TNI Dudung Abdurrahman. 


"Bantuan TNI ini merupakan perwujudan kehadiran Kodim di Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara, juga dalam rangka menghadapi ramalan BMKG bahwa tidak lama lagi kita akan dilanda musim kemarau sebagai akibat dari fenomena elnino," kata Dandim Bitung.


"Semoga dengan adanya pompa air ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Teep, desa yang dievaluasi tepat sasaran karena sering terkendala air, desa pojok dan jalan buntu," ucap Dandim Bitung.


Dandim Bitung juga mengatakan bahwa Kodim juga diperintahkan melakukan percepatan penurunan stunting bekerjasama dengan BRI dan imigrasi, sekaligus menguji cobakan vitamin Alga Sprilula yang sudah di uji coba di Jawa Tengah dan kota Bitung berhasil. Balita yang kami intervensi dengan vitamin tersebut mengalami peningkatan tinggi badan dan berat badan yang melebihi standar rata-rata nasional.


Bupati Minut Joune J.E Ganda SE, MAP, M.M, M.Si dalam sambutannya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kasih kepada TNI AD terutama Kodim 1310 Bitung dengan dibangunnya pompa hidran yang sangat membantu masyarakat. 


"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan TNI angkatan darat bagi masyarakat Minahasa Utara. Saya telah meninjau langsung, pompa ini tidak menggunakan listrik, tidak menggunakan bahan bakar artinya pompa ini tidak membutuhkan biaya," ucap Bupati Joune Ganda. 


"Kalau menggunakan listrik atau bahan bakar akan ada kendala operasional, namun satu yang harus menjadi komitmen yakni perawatan dan harus selalu dibersihkan agar tidak macet, dimohon perhatian dari Hukum tua, Camat dan seluruh masyarakat," ujar Bupati Joune Ganda.


Bupati juga mendukung dan mengapresiasi proses pencanangan percepatan stunting oleh Kodim Bitung dan akan terus memantau perkembangan anak-anak setiap minggunya, sehingga dapat membantu proses percepatan penangan stunting di Minahasa Utara.


Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita di mata kran utama dari bak penampungan Air bersih Desa Teep jaga 3 oleh Bupati Joune Ganda dan Dandim Bitung Yoki Efriandy didampingi Kepala kantor Imigrasi Bitung Ryang Satiawan, Ketua DPRD Minut Denny Lolong, Kapolres Minut AKBP Dandung Wibowo, Anggota DPRD Minut Jodi Longdong, Asisten III Revino Dondokambey, Para kepala SKPD, Direktur PDAM Roland Maringka, Kasdim Kodim 1310 Bitung Mayor Novel Pratasik, Para Danramil Kodim 1310 Bitung dan jajaran, Camat Talawaan Alexander Warbung, Hukum Tua se-Kecamatan Talawaan dan masyarakat.

(Ekin)

Iklan