Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Empat Kapal Puskeling Diserahkan Bupati Joune Ganda Untuk Beroperasi Melayani Masyarakat di Kepulauan

Jul 7, 2023, 19:42 WIB Last Updated 2023-07-13T14:21:35Z

Globalsatu.com,MINUT - Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda SE, MAP, M.M, M.Si menyerahkan Empat kapal Puskesmas Keliling Laut (Puskeling) kepada Dinas Kesehatan Minut untuk segera beroperasi melayani masyarakat di kepulauan dan pesisir pantai, di Pelabuhan Munte, Kecamatan Likupang Barat, Jumat (07/07/2023).


Bupati Joune Ganda didampingi Kadis Kesehatan Minut dr Stella Safitri M.Kes menceritakan kisah tentang penderitaan masyarakat yang kesulitan mendapatkan pengobatan, bahkan ada yang harus meregang nyawa sebelum bisa mencapai daratan. Kenangan ini menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk melibatkan Puskesmas wilayah kepulauan dalam menjangkau masyarakat.


"Saya berharap, dengan hadirnya keempat kapal Puskeling ini akan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kepulauan dan pesisir pantai," ucap Bupati Joune Ganda.


"Meskipun belum maximal, fasilitas yang ada di kapal puskesling ini cukup lengkap. Ada oksigen, alat infus, kotak P3K serta berbagai fasilitas lainya yang diharapkan mampu untuk dimanfaatkan dalam keadaan emergency bagi masyarakat kepulauan yang akan dirujuk ke rumah sakit yang ada di daratan," ujar Bupati Joune Ganda.


Dikatakan Bupati Joune Ganda bahwa dalam waktu dekat, jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di wilayah kepulauan juga akan ditambah, bukan hanya untuk membantu pelayanan, tetapi juga merawat kapal-kapal Puskeling tersebut.


Sementara, Kadis Kesehatan Stella Safitri menjelaskan, tenaga kesehatan akan aktif berperan dalam memberikan pelayanan kesehatan dan menjaga kapal agar dapat beroperasi dengan baik. Kepala Puskesmas setempat juga akan terlibat dalam pemeliharaan bantuan ini.


Selain penambahan tenaga kesehatan, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara juga akan mengatur biaya perawatan, pemeliharaan kapal, dan bahan bakar untuk memastikan Puskesmas Keliling Laut dapat beroperasi secara efektif.


“Meskipun terbatas oleh anggaran, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk kepentingan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut,” tutup Kadis Stella Safitri.


Hadir dalam penyerahan kapal tersebut, Asisten I Umbase Mayuntu, Kepala Dinas Kesehatan Stella Safitri, Kepala Dinas Perhubungan Max Wurara, Kepala Inspektorat Stephen Tuwaidan, Kabag Protokoler Asriyadi Lalompoh, Camat Likbar Maykel Parengkuan, Camat Liktim Delby Wahiu, serta Camat Wori Endru Palandung.

(Ekin)

Iklan