Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Rakor Kecamatan Kalawat Dirangkai Lokakarya Mini Lintas Sektor Digelar di Balai Desa Suwaan

Jul 13, 2023, 15:14 WIB Last Updated 2023-07-13T08:14:32Z

 Globalsatu.com,MINUT -Pemerintah Kecamatan Kalawat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang digelar di Balai Desa Suwaan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kamis (13/07/2023).


Rakor Kecamatan Kalawat membahas  situasi, kondisi, keamanan, kesehatan, keadaan masyarakat dan setiap permasalahan yang terjadi di 12 Desa yang ada di Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara.


Ucapan selamat datang oleh Penjabat Hukum Tua Desa Suwaan Agustien Kodoaoti SE menyampaikan ucapan syukur atas terlaksananya Rakor Kecamatan Kalawat di Desa Suwaan.


"Terima kasih atas kedatangan semua, jika didapati ada kekurangan dan keterbatasan dalam pelaksanaan Rakor ini, saya atas nama Penjabat Hukum Tua dan seluruh perangkat Desa Suwaan menyampaikan permohonan maaf, semoga pelaksanaan Rakor Kecamatan ini bisa berjalan dengan baik, Tuhan memberkati kita semua," tutur Kumtua Agustien.


Camat Kalawat Dra Indria Nassa dalam arahannya mengingatkan kepada setiap Kumtua untuk selalu melaporkan di Kecamatan dan mengupload di group koordinasi Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara setiap kegiatan yang dilakukan di Desa terkait penggunaan Dana Desa.


Camat Kalawat juga berharap agar setiap Desa yang ada di Kecamatan Kalawat harus memiliki Dapur Stunting.


"Menjelang peringatan HUT Kemerdakaan RI ke-78, setiap Desa harus mewakilkan 1 orang perangkat Desa untuk membacakan secara hafal teks Pancasila dan teks Proklamasi. Juga akan diadakan lomba Dapur Stunting di kantor Desa yang akan dinilai oleh Kecamatan mulai minggu depan," ujar Camat.


Sementara, Danramil Airmadidi Letda Inf Adri Malinti dan Kapolsek Airmadidi IPTU Yusi Kristiana memberikan pengarahan terkait Kamtibmas, meminta agar Pemerintah Desa dapat bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas di Desa masing-masing.


Rakor Kecamatan Kalawat dirangkaikan dengan Lokakarya Mini Lintas Sektor UPTD Puskesmas Kolongan, penyampaian oleh Kepala Puskesmas Kolongan dr Cicilia Paat M.Kes terkait pelayanan kesehatan di Kecamatan Kalawat.


Dr Cicilia menyampaikan terkait kegiatan UPTD Puskesmas Kolongan seperti pemberian Vitamin A yang biasanya dilaksanakan pada bulan Agustus, untuk tahun 2023 akan dilaksanakan pada bulan Oktober.


"Semua Desa harus ada Dapur Stunting yang bukan hanya untuk anak Stunting tapi juga untuk Keluarga Stunting yaitu ibu hamil agar dapat diberikan makanan tambahan untuk pencegahan Stunting, juga kegiatan Posyandu balita, remaja dan lansia harus selalu diadakan," kata dr Cicilia.


"Puskesmas Kolongan juga masih menyediakan Booster Vaksin Covid-19 hingga stok terakhir pada bulan Agustus. Jadi bagi masyarakat yang memerlukan, bisa mendapatkannya setiap hari Senin jam 9 sampai jam 12, di lantai 2," lanjut dr Cicilia.


"Bagi masyarakat yang memiliki anak Stunting ataupun keluarga kurang mampu yang belum memiliki BPJS Kesehatan bisa menghubungi kami, agar kami segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mengaktifkannya, begitu juga jika ada masyarakat yang mengalami gangguan jiwa untuk bisa mengaktifkan BPJS Kesehatannya," ucap dr Cicilia Paat.


Dr Cicilia juga meminta kepada para Hukum Tua untuk mengingatkan kepada masyarakat agar tidak menampung air karena saat ini terdapat banyak kasus DBD.


Camat Kalawat menutup kegiatan Rakor dengan ucapan terima kasih, kemudian dilanjutkan dengan doa dan acara ramah tamah.


Hadir dalam kegiatan Rakor Kecamatan tersebut, Hukum Tua atau keterwakilan dari 12 Desa se-Kec. Kalawat, Penyuluh KB, Penyuluh Pertanian, Pendamping Desa, perangkat Kecamatan, perangkat Desa Suwaan dan para undangan. (Ekin)

Iklan