Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Desa Darunu Gelar Festival Gasebo di Tempat Wisata Indah Mangrove Park

Aug 14, 2023, 20:16 WIB Last Updated 2023-08-14T13:16:51Z

Globalsatu.com,MINUT - Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78 tahun, Pemerintah Desa Darunu menggelar Festival Gasebo antar jaga di Mangrove Park, tempat wisata yang indah di Desa Darunu, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Senin (14/08/2023)


Sambutan Sekda Minut Ir. Novly Wowiling M.Si mengatakan, momentum HUT Kemerdekaan RI dengan mengadakan lomba ini sangat luar biasa karena menjadi asas manfaat yang berkelanjutan karena Desa Darunu akan menjadi Destinasi Pariwisata yang baru.


"Pengalaman dari Desa Budo, Desa Darunu bisa dikatakan paket lengkap karena disini budaya lokal Masemper tersedia begitu juga dengan kulinernya, berikut pariwisata pantainya berbasis pasir putih juga ada spot untuk berenang," kata Sekda Wowiling.


"Desa Darunu ini adalah bagian dari Destinasi Pariwisata yang berbasis dari potensi masyarakat, sehingga boleh menghasilkan fasilitas pariwisata yang tidak kalah menarik dari destinasi lainnya," ucap Sekda Wowiling.


"Kami atas nama pemerintah dalam hal ini pak Bupati dan Wakil Bupati memberikan apresiasi luar biasa atas inisiasi dalam mengimplementasi lewat suatu destinasi pariwisata yang ada disini, sehingga kedepannya pariwisata yang indah di Desa Darunu ini juga akan menjadi daya tarik tersendiri," ujar Sekda Wowiling.


Sementara Kadis Pariwisata Minut Dra Femmy Pangkerego M.Pd, ME mengatakan, nantinya dari Dinas Pariwisata akan mendampingi lewat pelatihan-pelatihan Desa Wisata dalam hal ini pengolahannya, kulinernya, homestaynya, apapun pelatihan untuk pengembangan SDM Pariwisata akan kami ajak Desa Darunu untuk boleh lebih aktif diikutsertakan," ucap Kadis Femmy Pangkerego.


"Kami dari Dinas Pariwisata lewat arahan pak Bupati dan Wakil Bupati, seperti tadi pak Sekda juga sudah memberikan lampu hijau, kedepannya Desa Darunu akan diupayakan untuk mendapatkan Homestay," ucap Kadis Femmy Pangkerego.


Terpisah, Hukum Tua Desa Darunu Ruddy Beejee Jacobus S.Pd menjelaskan bahwa ditempat wisata Mangrove park, objek wisata yang terutama adalah Mangrove, kemudian Sunset yang ada, juga pengunjung bisa berenang, dan berjalannya waktu, Mangrove Park kini memiliki Free Dive Underwater yang menurut kominitas pengunjung bahwa didasar laut Desa Darunu tidak kalah saing dengan tempat lainnya.


"Salah satu fasilitas yang kami butuhkan adalah Homestay karena beberapa pengunjung ingin menginap disini namun kami tidak bisa menerima karena belum ada Homestay. Harapan kami Pemerintah Daerah bisa membantu kami mengembangkan Desa Wisata yang ada di Desa Darunu dengan luas kira-kira 550 hektar ini," kata Kumtua.


Terkait Festival Gasebo ini, sebanyak 6 Gasebo yang dibangun masyarakat yang dimodali oleh pemerintah desa ini nantinya akan menunjang fasilitas yang ada di lokasi Mangrove Park yang sebelumnya hanya memiliki 4 Gasebo, sehingga semua pengunjung bisa mendapatkan tempat di Gasebo saat datang berkunjung.


Desa Darunu yang terdiri dari 6 jaga menggelar Festival Gazebo dan lomba kuliner antar jaga yang berhasil dimenangkan oleh Jaga Dua (2) sebagai juara umum, sementara kelima jaga lainnya tetap mendapatkan hadiah karena Hukum Tua Desa Darunu menyediakan 6 buah Trophy sebagai hadiah.


Turut hadir dalam Festival Gasebo tersebut, Asisten II Pemkab Minut Allan Mingkid, Kadis PMD Frederik Tulangkey, Camat Wori Endru palandung, para Juri, para perangkat Desa Darunu dan masyarakat.

(Ekin)

Iklan