Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Meriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pemkab Minut Gelar Lomba Goreng Cucur

Aug 11, 2023, 14:20 WIB Last Updated 2023-08-12T07:21:46Z

Globalsatu.com,MINUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) menggelar lomba goreng cucur dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun yang diikuti oleh 30 peserta  perwakilan OPD yang ada di Pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara, di Pendopo Kantor Bupati Minut, Jumat (11/08/2023).


Bupati Minut Joune J.E Ganda SE, MAP, M.M, M.Si didampingi Ketua Tim Pengerak PKK Kab. Minut Ny. Rizya Ganda Davega menghadiri kegiatan lomba goreng cucur dan mencicipi rasa dari kue traditional tersebut dan menetapkan mana yang akan menjadi pemenangnya.


Bupati Joune Ganda dalam sambutannya menyampaikan, Lomba ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT ke-78 tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan tujuan untuk memeriahkan hari Kemerdekaan RI serta mendukung inisiatif pemerintah dalam mengembangkan kearifan lokal, terutama dalam bidang kuliner dan kue khas daerah.


“Lomba goreng cucur ini menjadi ajang untuk memperlihatkan kekayaan kuliner daerah Minahasa Utara kepada masyarakat luas. Saya berharap bahwa kegiatan ini dapat melibatkan semua elemen masyarakat, baik peserta maupun penonton, demi menjaga dan mengangkat kearifan lokal sebagai bagian dari warisan budaya yang tak ternilai, ” ucap Bupati Joune Ganda.


Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Minut Ny. Rizya Ganda Davega mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya dari tim penggerak PKK dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya melestarikan dan mengembangkan kuliner tradisional serta meneruskan tradisi nenek moyang.


“Melalui kegiatan lomba goreng cucur ini, diharapkan masyarakat semakin mencintai dan menjaga kearifan lokal, serta berpartisipasi aktif dalam melestarikan serta mengangkat kue khas daerah Minut. Peserta lomba dapat memberikan yang terbaik dengan menunjukkan keahlian dan kreativitas mereka dalam mengolah kue cucur," ucap Ny. Rizya Ganda Davega.


Bupati Joune Ganda memberikan apresiasi kepada semua peserta yang telah berpartisipasi dan berharap kegiatan seperti ini tidak hanya sekadar lomba, tetapi juga membangun kebersamaan dan kekompakan. 


"Kemenangan dalam lomba bukanlah tujuan utama, melainkan semangat untuk menjaga kearifan lokal dan warisan budaya. Kegiatan ini menjadi satu momentum bagi masyarakat Minahasa Utara untuk merayakan serta memperkenalkan kuliner daerah yang unik dan lezat kepada semua orang, terlebih dalam upaya memperkenalkan kue khas bumi Tonsea tercinta," pungkas Bupati Joune Ganda.


Hadir dalam kegiatan ini, Sekda Minut Ir. Novly Wowiling M.Si, Ketua Dharna Wanita Persatuan Pdt. Christiani Ivone Wowiling Lombogia, para Asisten Pemkab Minut, para Kepala OPD dan para peserta lomba.

(Ekin)

Iklan