Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Joune Ganda Panen Ikan Nila dan Serahkan Bantuan Peralatan Budidaya Ikan Tahap II

Oct 8, 2023, 13:40 WIB Last Updated 2023-10-08T06:40:11Z

Globalsatu.com,MINUT - Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune J.E Ganda SE, MAP, MM, MSi menyerahkan secara langsung bantuan peralatan budidaya ikan tahap II kepada 36 kelompok dari 7 Kecamatan, di Smart Fisheries Village desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Sabtu (07/10/2023).


Mengawali kegiatan dengan laporan dari Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Minut Jack Paruntu SE yang melaporkan jika paket bantuan sarana dan prasarana budidaya ikan air tawar kali ini diserahkan kepada 36 kelompok dari 7 kecamatan di Minut mencakup berbagai komponen. 


Dilaporkan Kadis Jack Paruntu bahwa setiap kelompok menerima:

1. Benih ikan nila sebanyak 7.000 ekor.

2. Pakan ikan starter sebanyak 20 Kg.

3. Pakan ikan grower sebanyak 420 Kg.

4. Pakan ikan finisher sebanyak 750 Kg.

5. Pakan ikan finisher tenggelam sebanyak 950 KG.

6. Peralatan penunjang budidaya, termasuk 10 skop, 6 keranjang ikan, 10 pasang sepatu boots, 5 serokan bibit ikan, 1 mesin alkon, dan 1 mesin potong rumput.


Total anggaran yang dialokasikan untuk paket sarana prasarana budidaya ikan air tawar ini mencapai Rp. 2,117,691,000,.


Bupati Joune Ganda dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkab Minut terus bertekad untuk mendukung para peternak budidaya ikan dengan meningkatkan teknologi dan peralatan dalam sektor budidaya perikanan.


"Semua bantuan diserahkan kepada kelompok-kelompok pembudidaya ikan air tawar yang telah diidentifikasi dan memenuhi syarat untuk menerima bantuan, dan saya harap agar jangan sampe ada oknum yang menjual bantuan pemerintah ini," kata Bupati Joune Ganda.


"Jika ditemukan ada bantuan pemerintah diperjual belikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, segera laporkan kepada saya," tegas Bupati Joune Ganda.


Bupati Joune Ganda berharap bantuan ini akan membantu kelompok-kelompok pembudidaya ikan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ikan air tawar, juga berpesan agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan dipergunakan sebagaimana fungsinya oleh kelompok-kelompok penerima guna mengembangkan sektor ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di Minut.


Dalam kegiatan tersebut, Bupati Joune Ganda didampingi Kadis Jack Paruntu juga melakukan penebaran bibit ikan dan panen ikan nila.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, anggota DPRD Minut Anthony Pusung, Kadis Sosial Arnolus Wolajan, Kepala Inspektorat Minut Steven Tuwaidan, Kepala Badan Pendapatan Daerah Cristian Katuuk, Staf Ahli Bupati Toar Sendow, Camat Kauditan Royke Rampengan, Camat Kalawat Indria Nassa, Kapolsek Kauditan Iptu Iwan Toani, Hukum Tua Tumaluntung Richard Kamagi dan seluruh perangkat desa Tumaluntung.

(Ekin)

Iklan