Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Minut Terima Penghargaan Tinggi Kemenkes RI Atas Capaian di Bidang Kesehatan

Nov 3, 2023, 06:19 WIB Last Updated 2023-11-02T23:19:24Z

Globalsatu.com,MINUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) dibawah kepemimpinan Bupati Joune J.E Ganda SE, MAP, M.M, M.Si dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH, MH kembali meraih prestasi yang membanggakan dengan diterimanya penghargaan tinggi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI atas capaian di bidang kesehatan.


Bupati Joune Ganda menerima Piagam Penghargaan Kategori Pemerintah Daerah DTPK (Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan) Terbaik dalam Pemenuhan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan, diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada pelaksanaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 yang dilaksanakan di Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Kamis (02/11/2023).


Dalam sambutannya Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih untuk komitmen dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara terhadap distribusi tenaga medis dan tenaga kesehatan di daerah.


Bupati Joune Ganda menyampaikan ucapan syukur atas penghargaan yang diterima Kabupaten Minahasa Utara sebagai satu-satunya Kabupaten/Kota di Indonesia yang pemenuhan SDM Tenaga Kesehatan dan Dokter untuk diseluruh fasilitas kesehatan sampai di Puskesmas paling lengkap.


"Puji Tuhan, penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan. Kementerian Kesehatan menilai bahwa pemenuhan SDM tenaga kesehatan dan dokter di seluruh fasilitas kesehatan sampai puskesmas di Minut adalah yang paling lengkap. Dan ini tidak direncanakan. Saya juga sudah menyampaikan kepada Pak Menteri bahwa program ini sebenarnya memang kita lakukan dalam rangka pemenuhan visi misi terutama pencapaian misi nomor satu yaitu peningkatan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Minut,” tutur Bupati Joune Ganda.


Kepala Dinas Kesehatan Minut dr. Stella Safitri pada kesempatan tersebut membawakan materi tentang “Best Practice" Pemenuhan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan di Fasyankes Pemerintah Daerah.


“Ini suatu kehormatan bagi kami diberikan kesempatan untuk memaparkan strategi dalam pemenuhan tenaga medis di Minahasa Utara. Prestasi yang dicapai serta apresiasi dari Kementrian Kesehatan ini tak lepas dari besarnya komitmen pak Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” terang Kadis Stella Safitri.


Kadia Stella Safitri menjelaskan, materi yang dipaparkan dihadapan para Dirjen dan Direktur di sejumlah Kementerian dan Lembaga Negara serta peserta seminar, terkait strategi Pemkab Minut melalui Dinas Kesehatan dalam pemenuhan dan penyebaran tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.


"Kolaborasi antara pemerintah daerah dan pusat yang saat ini terjalin dengan baik menjadi salah satu kunci keberhasilan dalan pemenuhan tenaga medis dan tenaga kesehatan di bumi Klabat Minahasa Utara," ucap Kadis Stella Safitri.


“Selain Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mendapat penghargaan dari Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan Minut satu–satunya yang diundang untuk menjadi narasumber dalam seminar yang diselenggarakan Dirjen Tenaga Kesehatan,” pungkas Kadis Stella Safitri.

(Ekin)

Iklan