Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Kabar Gembira Bagi Ibu Hamil, Pemkab Minut Fasilitasi USG Gratis di 11 Puskesmas

Mar 28, 2024, 17:18 WIB Last Updated 2024-03-28T10:22:37Z

Globalsatu.com,MINUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Kesehatan memfasilitasi ibu hamil yang hendak melakukan Ultrasonografi (USG) secara gratis di 11 Puskesmas yang ada di Kabupaten Minahasa Utara.

Bupati Minut Joune J.E Ganda SE, MAP, MM, M.Si dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH, MH (JG-KWL) telah mengambil langkah proaktif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan memperkenalkan layanan USG (Ultrasonografi) gratis di Puskesmas di wilayah Minahasa Utara.

Bupati Joune Ganda menyampaikan, setiap ibu mengharapkan persalinan yang sehat dan sempurna, langkah ini bertujuan untuk memastikan aksesibilitas pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi penduduk Minahasa Utara.

"Kami juga telah memastikan bahwa tenaga kesehatan yang terlibat dalam pelayanan tersebut telah menerima pelatihan yang memadai, sehingga dapat memberikan layanan yang berkualitas kepada masyarakat," kata Bupati Joune Ganda.

"Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan deteksi dini penyakit dan menyelamatkan lebih banyak nyawa melalui diagnosis yang tepat waktu," ucap Bupati Joune Ganda.

Terpisah, Kadis Kesehatan Minut dr Stella Safitri M.Kes mengatakan, 11 Puskemas yang ada di Kabupaten Minahasa Utara sudah memiliki alat USG yang sangat bermanfaat sekali untuk pelayanan.

"Ibu-ibu hamil yang mungkin tadinya susah untuk melakukan USG, sekarang pada waktu memeriksa kehamilan di Puskesmas mereka juga bisa di USG, supaya bisa memantau dari awal terkait, mungkin ada masalah kehamilan seperti terancam keguguran atau masalah janin, itu bisa diantisipasi sedini mungkin," kata Kadis Stella.

"Bagi masyarakat Minahasa Utara bisa melakukan USG di Puskesmas tanpa dipungut biaya, dan ini adalah gratis," terang Kadis Stella.

Terkait tenaga kesehatan yang akan melakukan pemeriksaan sudah dilakukan training untuk penggunaan USG yang ada, kemudian hasil dari USG juga diperiksa oleh tenaga medis yang sudah terlatih dalam penggunaan USG.

"Ini adalah terobosan dari Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara terkait capaian pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan pelayanan, dimana hal ini sangat bermanfaat bagi ibu-ibu hamil dan tentunya juga untuk menekan angka kematian ibu dan bayi dengan adanya pemeriksaan seperti ini," ucap Kadis Stella.

"Ini juga bukti kerja keras dari Bupati dan Wakil Bupati terkait pemenuhan komitmen untuk mensejahterakan masyarakat dalam dunia kesehatan yang ada," ujar Kadis Stella.

"Mari masyarakat Minahasa Utara khususnya ibu-ibu hamil untuk memeriksakan kehamilan di Puskesmas yang ada," pungkas Kadis Stella.

Berikut daftar 11 Puskesmas yang bisa dikunjungi masyarakat untuk melakukan USG:

- Uptd Puskesmas Kolongan
- Uptd Puskesmas Airmadidi
- Uptd Puskesmas Talawaan 
- Uptd Puskesmas Tatelu
- Uptd Puskesmas Batu
- Uptd Puskesmas Kauditan
- Uptd Puskesmas Likupang
- Uptd Puskesmas Tinongko
- Uptd Puskesmas Kema
- Uptd Puskesmas Wori
- Uptd Puskesmas Mubune

(Ekin)

Iklan