Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Untuk Peningkatan Penjualan Pengrajin Bambu

Sep 23, 2022, 14:21 WIB Last Updated 2022-09-24T07:42:35Z

Globalsatu.com,Tomohon- Fransisca Joanet Pontoh, ST., MT Dosen di Program Studi Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) UNSRAT. memberikan Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce Untuk Peningkatan Penjualan Pengrajin Bambu di Kelurahan Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara. Jumat 23/9/2022. Dalam Kegiatan ini, Mitra Kerja Pengrajin anyaman Bambu Ibu marje Pusung.




Menurut Fransisca Joanet Pontoh, ST., MT bahwa, Kelurahan Kinilow, Kota Tomohon dikenal dengan usaha kerajinan dengan bahan dasar bambu. Namun, penjualan kerajinan bambu Kinilow di masa pandemi Covid-19 ini cukup menurun. 


Biasanya begitu banyak yang membeli baik untuk kebutuhan warga sekitar maupun wisatawan yang berkunjung ke Kota Tomohon. Selain itu, selama ini pemasaran kerajinan bambu ini masih bersifat konvensional. 


Tentunya hal ini, sangat berpengaruh pada omzet penjualan, meskipun setiap harinya tetap ada keuntungan walaupun jumlahnya sangat sedikit. Dalam upaya memperluas penjualan, diperlukan teknik pemasaran yang lebih baik melalui sebuah media pemasaran berbasis online. 


Untuk itu, solusi yang ditawarkan adalah dengan melakukan pelatihan pemanfaatan e-commerce untuk peningkatan penjualan pengrajin bambu di Kelurahan Kinilow. 


Kegiatan ini dapat membekali para pengrajin dengan pengetahuan dan keterampilan dalam e-commerce sebagai sarana penjualan/promosi produk yang efektif dan efisien.


Solusi kepada mitra sebagai berikut:

* Pemahaman mitra tentang pemasaran melalui e-commerce.

* Membantu mitra dalam hal pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan produksi.

* Membuatkan media untuk promosi digital melalui web berupa e-commerce sebagai salah satu upaya promosi dan menyebarkan informasi produk kerajinan bambu yang ditawarkan kepada konsumen.

* Meningkatnya omzet penjualan kerajinan bambu yang diperoleh dengan memanfaatkan e-commerce.


(Stenly)

Iklan