Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Kolintang Go To Unesco, Bupati JG Serahkan Kolintang di Event L’Artigiano In Fiera 2022 Milan Italia.

Dec 5, 2022, 12:37 WIB Last Updated 2022-12-05T05:37:11Z

Globalsatu.com, MINUT - Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda SE MAP menyerahkan satu set alat musik kolintang kepada Kepala Perwakilan Republik Indonesia Roma Italia Lefianna Hartati Ferdinandus, pada event The Trade Mission L’Artigiano in Fiera 2022 di Milan Italia, Sabtu, (03/12/2022).


Ajang promosi bisnis Artigiano di Fiera Milan merupakan pameran dagang ritel terbesar di Italia yang digelar tanggal 3-11 Desember 2022, dihadiri oleh para pebinis dan perusahaan kerajinan besar sedunia.


KBRI Roma bersama dengan ITPC Milan menghadirkan Restoran Indonesia (Cinta Rasa) dan Stan Pariwisata.


Para pengunjung dihibur dengan permainan group Kolintang binaan DPD PINKAN Sulut, Indonesia, dilanjutkan penandatanganan serah terima hibah aset kolintang antara Bupati Joune Ganda dan Kepala Perwakilan RI Roma Lefianna Hartati Ferdinandus. 


Dalam sambufannya, Charge d'Affaires dari KBRI Lefianna Hartati Ferdinandus memperkenalkan kolintang atau gambang Indonesia, seperangkat alat musik tradisional yang berasal dari Minahasa, Sulawesi-Utara (Sulut).


"Kolintang sudah ada sejak zaman dahulu untuk ritual adat pemujaan arwah leluhur oleh masyarakat. Sejak masuknya agama Kristen ke tanah Minahasa, Kolintang tidak lagi difungsikan sebagai pengiring ritual adat, melainkan sebagai pengiring tarian, pengiring lagu, atau pertunjukan musik," kata Lefianna.


"Kolintang termasuk dalam kelompok alat musik perkusi bernada. Sebagai alat musik idiofonik, sumber bunyi kolintang berasal dari bilah getarnya yang dipukul dengan tongkat khusus,” ucap Lefianna.


Lefianna Hartati Ferdinandus juga menyampaikan  terima kasih kepada delegasi Provinsi Sulut yang telah memberikan kolintang kepada KBRI Roma karena kolintang akan berguna untuk memperkenalkan musik dan budaya Indonesia di Italia. 


Bupati Joune Ganda (JG) sebagai Ketua Pengurus Persatuan Insan Kolintang Indonesia Sulut (PINKAN) menuturkan, tampilnya group kolintang di ajang internasional menjadi salah satu ajang promosi seni - budaya Sulut sekaligus menjadi satu sinkronisasi dari upaya DPP PINKAN Indonesia yang kini mendengungkan “Kolintang Go To Unesco.


"Keberadaan group Kolintang ini dalam rangka mendukung tim promosi dari Dekranasda Sulut dan Kabupaten Minut sekaligus misi promosi UMKM Indonesia. Ini adalah kesempatan emas bagi promosi Pariwisata Minut dan Sulut pada umumnya, sekaligus mempertontonkan musik Kolintang,” tutur Bupati JG.


Turut hadir dalam event The Trade Mission L’Artigiano in Fiera 2022 di Milan Italia tersebut, Ketua Dekranasda Sulut Rita Maya Tamuntuan-Dondokambey, Walikota Manado, Walikota Bitung, Walikota Tomohon didampingi ketua-ketua Dekranasda. (Ekin)

Iklan