Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Dikukuhkan Sebagai Bunda Pendamping Keluarga Stunting, Rizya Ganda Langsung Turun Road Show

Mar 27, 2023, 19:39 WIB Last Updated 2023-03-27T23:58:45Z

Globalsatu.com,MINUT - Pemkab Minut melalu Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) menggelar pengukuhan Ketua TP-PKK Minut Rizya Ganda Davega sebagai Bunda Tim Pendamping Keluarga (TPK) stunting, juga launching Dapur Sehat dan Launching Mars Stunting JG, yang diadakan di JG Center, Senin (27/03/2023).


Rizya Ganda Davega, Istri dari Bupati Minut Joune J.E Ganda SE, MAP, M.M, M.Si sebagai pioner, menjadi Bunda TPK pertama yang dikukuhkan di Provinsi Sulawesi Utara, selanjutnya Rizya Ganda mengukuhkan Tim Pendamping Keluarga stunting di 10 Kecamatan se-Kabupaten Minahasa Utara.


Dalam sambutannya Rizya Ganda mengatakan, pengukuhan ini akan menjadi pemacu dan pendorong sebagai Tim Pendamping Keluarga, kita akan menjadi pelopor, motivator bagi masyarakat, dan kita akan bergerak, bekerjasama melawan stunting untuk mewujudkan indonesia tumbuh.

"Stunting adalah persoalan penting dan serius di negara kita, yang menjadi ancaman dan bahaya bagi anak-anak kita sebagai generasi penerus pembangunan bangsa. Mari bekerja bersama-sama untuk kebaikan dan kemajuan dalam penanganan stunting," kata Rizya Ganda.


"Saya memfokuskan penanganan stunting dari kecamatan sampai ke desa-desa untuk lebih memperhatikan gizi dan rutin dibawa ke Posyandu, mengedukasi dalam hal pola asuh anak mulai dari mulai hamil hingga bayi lahir, memperhatikan kwalitas sanitasi dan akses air bersih serta akses pelayanan kesehatan," lanjut Rizya Ganda.


"Harapan saya, kita dapat bersama-sama melaksanakan strategi nasional penanganan stunting yang telah dicanangkan sehingga target penurunan stunting di Kabupaten Minahasa Utara," pungkas Rizya Ganda.


Sementara Bupati Joune Ganda mengatakan, penanganan stunting di Minahasa Utara tinggal 3% sudah jauh dibawah target Presiden Jokowi harus 14% pada tahun 2024, tetapi ada indikasi peningkatan jumlah anak yang masuk kategori stunting. 


"Fokus penanganan stunting selain kepada anak yang sudah stunting adalah kepada ibu-ibu hamil atau remaja yang akan berkeluarga yang punya potensi memiliki anak stunting," kata Bupati Joune Ganda.


"Saat ini penanganan stunting di Kabupaten Minahasa Utara gabungan dari beberapa Dinas, bukan hanya dari Dinas PPKB tapi juga dari beberapa Dinas terkait yaitu Dinas Kesehatan, Dinas Pangan dan Dinas PPPA agar penanganan ini bisa total," tutup Bupati Joune Ganda.


Usai dilantik, Bunda Stunting Pendamping TPK Rizya Ganda langsung turun Road Show membagikan bantuan penanganan stunting di Kecamatan Dimembe dan Kecamatan Wori untuk ibu-ibu hamil dan memberikan makanan sehat kepada anak-anak. 

Hadir dalam pengukuhan dan launching tersebut Wakil Bupati Minut Kevin William Lotulung SH, MH,Sekretaris BKKBN Lady Ante S.Pd, MAP, Sekda Minut Ir Novly Wowiling M.Si, Ketua Dharma Wanita Pdt Ivonne Wowiling Lombogia S.Th, Kadis PPKB Minut dr Jane Simons, Kadis Kesehatan dr Stella Safitri M.Kes, Kadis Pangan Ir Jemmy Kuhu, perwakilan Forkopimda Minut, para Camat dan TP-PKK Minut. (Ekin)

Iklan