Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Rehabilitasi Jaringan Irigasi Kiniar Maumbi Diresmikan Bupati Joune Ganda

Mar 30, 2023, 19:47 WIB Last Updated 2023-03-30T12:47:41Z

Globalsatu.com,MINUT - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) merehabilitasi jaringan irigasi Kiniar Maumbi dan telah diresmikan oleh Bupati Minut Joune Ganda, di Desa Watutumou, Kecamatan Kalawat, Kamis (30/03/2023).


Jaringan irigasi tersebut berfungsi untuk membawa dan mengalirkan air dari sumber ke lahan pertanian selain itu, saluran irigasi ini juga dapat mendistribusikan air kepada tanaman serta, mengatur dan mengukur aliran air yang ada.

 

Bupati Joune Ganda dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sistem irigasi ini sekarang bisa dibuka atau tutup, sehingga sangat memudahkan petani untuk melakukan irigasi terhadap lahan padi dan dapat memanfaatkan air serta meningkatkan produktivitas padi dibandingkan petani non irigasi.


"Dengan diadakan perbaikan irigasi ini, diharapkan bisa meningkatkan perekonomian, meningkatkan penghasilan bahkan menambah fasilitas dasar pembangunan khususnya disektor pertanian dan sektor-sektor lainnya," kata Bupati Joune Ganda.


Terpisah, Bupati Joune Ganda mengatakan, saat ini ada empat perbaikan jaringan irigasi yang tersebar di empat lokasi yang berbeda yakni di Maumbi, Talawaan, Laikit dan Karegesan.


"Perbaikan-perbaikan irigasi ini diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian, karena lahan-lahan yang mungkin tidak terdistribusi air dengan baik akan mendapatkan suplay air yang cukup sehingga hasil pertanian akan meningkat," ucap Bupati Joune Ganda.


"Saya menitipkan kepada Hukum Tua, para perangkat desa dan juga masyarakat agar fasilitas yang sudah dibuat oleh pemerintah ini bisa dijaga. jaringan irigasi ini harus selalu diperhatikan, mungkin ada kotoran atau sampah yang menumpuk, itu akan mengganggu efektivitas dan produktivitas jaringan irigasi ini," tutup Bupati Joune Ganda. (Ekin)

Iklan