Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Minut Joune Ganda Terima Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya

Jun 11, 2023, 13:48 WIB Last Updated 2023-06-11T06:48:04Z

Globalsatu.com,PADANG - Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan Indonesia XVI Tahun 2023 resmi dibuka Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, diwakili Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara virtual, di Kawasan Landasan Udara Sultan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/06/2023).


Pembukaan Penas Petani Nelayan XVI 2023 ditandai dengan pemukulan Gandang Tambuah oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Ketua KTNA Nasional HM Yadi Sofyan Noor dan Gubernur Sumatera Barat H Mahyeldi Ansyarullah.


Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda adalah salah satu penerima penghargaan Satyalancana Wira Karya, Anugerah tanda kehormatan tertinggi bidang pembangunan pertanian Pemerintah Republik Indonesia.


Mewakili Presiden Joko Widodo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyerahkan secara langsung penghargaan Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada Bupati Joune Ganda.


Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, menyampaikan amanat Presiden Jokowi tentang tema Penas 2023 yaitu memantapkan penguatan potensi dan posisi tawar komoditi lokal untuk mewujudkan kemandirian pangan berkelanjutan menuju Indonesia lumbung pangan dunia 2045, meminta seluruh Kepala Daerah, Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk fokus dalam mendukung pembangunan dan pengembangan pertanian di daerahnya.


“Dukungan kita kepada petani dan nelayan dalam pengembangan pangan lokal untuk menghasilkan pangan beragam dalam negeri, terutamanya dalam mengatasi perubahan iklim dan krisis pangan global dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal,” kata Presiden Joko Widodo.


Bupati Minut Joune Ganda mengucapkan rasa syukur atas diterimanya Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Pemerintah Republik Indonesia.


"Ini adalah tanda kehormatan untuk seluruh masyarakat Minahasa Utara, semua ini adalah hasil kerja keras dan jerih payah semua pihak, terutama para petani," kata Bupati Joune Ganda.


"Terima kasih kepada semua pihak, KTNA Minut, para penyuluh dan para petani yang telah bekerja keras, kita jadikan penghargaan anugerah tanda kehormatan ini sebagai motivasi kita ke depan untuk semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani di Kabupaten Minahasa Utara," pungkas Bupati Joune Ganda. (Ekin)

Iklan