Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati dan Wakil Bupati JG-KWL Ikuti Simulasi Pemungutan Suara Yang Digelar KPU Minut

Jan 30, 2024, 09:24 WIB Last Updated 2024-01-30T02:24:53Z

Globalsatu.com,MINUT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), menggelar Simulasi pemungutan dan perhitungan suara serta penggunaan aplikasi Sirekap dalam rangka persiapan pemilihan umum serentak tahun 2024, di Pendopo Kantor Bupati Minut, Senin (29/01/2023).


Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw mengatakan, simulasi ini adalah sosialisasi teknis saat pelaksanaan Pemilu pada tanggal 14 Februari Mendatang.


"Simulasi ini merupakan kesiapan KPU selaku penyelenggara, dimana disini diperagakan kesiapan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan bagaimana proses KPPS serta pemilih saat melakukan pemungutan dan penghitungan suara," kata Lumanauw.


Bupati Joune Ganda (JG) dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung (KWL) hadir mengikuti simulasi dan turut mencoblos bersama sejumlah perwakilan masyarakat Airmadidi dan perwakilan media yang mengikuti simulasi.


Dalam sambutannya Bupati Joune Ganda menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang digelar KPU Minut untuk kelancaran dan ketepatan pelaksanaan Pemilu 2024 ini, dan berharap bersama seluruh bagian yang terlibat dalam mensukseskan Pemilu  berkualitas dan berintegritas serta berlangsung aman, lancar, damai dan kondusif.


"Hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan Pemilu 2024. Kita semua harus ikut serta berpartisipasi dalam pesta demokrasi pada tanggal 14 Februari nanti," ucap Bupati JG


"Peran media juga sangat penting dalam mensukseskan jalannya Pemilu 2024 dengan mensosialisasikan simulasi ini. Kami Pemerintahan Kabupaten berkomitmen untuk terus mendukung pelaksanaan Pemilu dapat berjalan dengan sebaik-baiknya, dan jika ada kebutuhan yang bisa kami bantu untuk segera diinformasikan," ujar Bupati JG.


Selesai pemungutan suara dilanjutkan dengan simulasi perhitungan suara di TPS, dan dikatakan Ketua KPU Minut Hendra Lumanauw agar saat perhitungan suara, perwakilan parpol yang membawa mandat untuk bisa masuk ke dalam TPS.


Turut hadir dalam simulasi tersebut, Plt. Kepala Kejaksaan Negeri Minut Edmond N. Purba, Ketua PN Airmadidi Juply Pansariang, Kapolres Minut AKBP Dandung Putut Wibowo, Dandim 1310 Bitung Letkol Czi Hanif Tupen, komisoner KPU Ibnu M. Dali, Risky A. Pogaga, Yardi Harun, Komisioner Bawaslu Minut Waldy Mokodompit,  para Asisten dan Kepala OPD terkait Pemkab Minut serta para Jurnalis.

(Ekin)

Iklan