Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Cegah Terjadinya Pelanggaran, Bawaslu Sulut Gandeng Lembaga Pemantau Pemilu

Nov 3, 2022, 16:36 WIB Last Updated 2022-11-04T00:04:42Z

Globalsatu.com,Manado, Bawaslu Sulut - Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat (Parmas), dan Hubungan Masayarakat (Hubmas) Awaluddin Umbola menghimbau jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota untuk fokus dalam pelaksanaan pengawasan tahapan pemutakhiran daftar pemilih, menurutnya sosialisasi dan pencegahan harus terus ditingkatkan.


“Divisi Pencegahan, Parmas, dan Hubmas akan menjadi pengampuh tahapan pengawasan pemutakhiran daftar pemilih. Ini tahapan paling panjang dan memerlukan perhatian khusus dari kita semua, sosialisasi serta pencegahan harus lebih masif kita lakukan”, ucap Umbola saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pengawasan Pemutakhiran Daftar Pemilih Pemilu Tahun 2024 di Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (03/11/2022).


Umbola juga mengungkapkan sembari menunggu terbitnya perbawaslu terkait pengawasan pemutakhiran daftar pemilih, penting bagi seluruh jajaran mengkaji isu krusial data pemilih.


“Saat ini masih menunggu terbitnya perbawaslu terkait pengawasan pemutakhiran daftar pemilih. Sambil menunggu hal tersebut baiknya kita mempelajari hal krusial yang sering terjadi terkait penyusunan daftar pemilih di lokasi khusus seperti lembaga pemasyarakatan maupun daerah-daerah khusus lainnya yang memiliki banyak calon pemilih, ini penting bagi kita untuk melakukan mitigasi”, ungkap Umbola.


Lanjut Umbola, mitigasi kerawanan yang akan dilakukan diharapkan mampu mencegah terjadinya pelanggaran pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih.


“Mitigasi kerawanan tersebut untuk mencegah terjadinya pelanggaran. Bawaslu akan berupaya untuk mengoptimalkan kerjasama dengan lembaga pemantau pemilu dan seluruh stakeholder untuk dapat membantu tugas-tugas pengawasan di tiap tingkatan. Kami menyadiri betul bahwa partisipasi masyarakat adalah energi yang dapat mensukseskan pemilu 2024”, ujar putra Bolaang Mongondow Timur ini.


Peserta pada kegiatan ini Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas, dan Hubmas Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Sulut Serta para Pemantau Pemilu.


Hadir menjadi narasumber pada kegiatan ini Komisioner KPU Sulut Lanny Ointu, Sekretaris Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Sulut Zulkifli Golonggom, Anggota Bawaslu Sulut Periode 2017-2022 Kenly Poluan.


(Stenly)

Iklan