Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Peduli masyarakat Minut, Bupati Joune Ganda Bantu Pemulangan Jenasah dari Bali ke Laikit

Mar 6, 2024, 15:58 WIB Last Updated 2024-03-06T08:58:23Z

Globalsatu.com,MINUT - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Sosial, Kecamatan Dimembe dan Pemdes Laikit memberikan bantuan sosial dalam bentuk tambahan biaya pemulangan jenasah almarhum Saputra A Rasid, warga Desa Laikit, kecamatan Dimembe.


Diketahui, bantuan sosial ini merupakan tindak lanjut dari harapan keluarga yang memohon bantuan untuk pemulangan jenasah dari Bali ke Laikit.


Keluarga menghubungi Kuntua Desa Laikit dan Camat Dimembe, selanjutnya hal itu dilaporkan oleh Camat secara berjenjang ke Kadis Sosial, Sekda Novly Wowiling dan Bupati Minut Joune Ganda.


Kadis Sosial Minut Arnoldus Didi Wolayan kepada awak media menjelaskan, Bupati Joune Ganda memberikan arahan agar permohonan bantuan itu ditinjau kelayakan untuk dibantu.


"Setelah kami teliti dan cermati, almarhum adalah benar warga Desa Laikit dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial RI (DTKS) Sistim Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS-NG). Jadi kami membantu sesuai arahan Bupati, sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Kadis Wolayan.


Sementara itu, perwakilan keluarga Katrin Koloay mengatakan bahwa respon cepat bantuan pemulangan almarhum sangat membantu keluarga.


Pihak keluarga menerangkan bahwa almarhum pada sebulan sebelumnya berangkat ke Bali untuk mencari kerja, namun beberapa saat tiba di kota Bali almarhum jatuh sakit hingga menghembuskan nafas terakhir di tempat pemondokkan bersama kerabat sesama warga Desa Laikit yang lebih dahulu bekerja di kota Bali.


"Atas nama keluarga besar kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pak Bupati Joune Ganda yang dengan cepat merespon dan memberikan solusi berupa kepulangan jenasah keluarga kami," ujarnya.


Terpisah, Bupati Joune Ganda mengatakan,  bantuan sosial secara cepat ini merupakan wujud kepedulian karena sifatnya mendesak, namun memang bantuan yang menggunakan uang negara itu ada syarat dan aturan kelayakan yang harus terpenuhi.


Pemkab Minut selalu responship dan bergerak terhadap kondisi sosial yang dialami masyarakat Minahasa Utara, temasuk bagi masyarakat terdampak bencana alam.


"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara saya menyampaikan turut berduka cita, kiranya keluarga mendapat penghiburan dari Tuhan Yesus Kristus," pungkas Bupati Joune Ganda.


Sementara itu, perwakilan keluarga Katrin Koloay mengatakan bahwa respon cepat bantuan pemulangan almarhum...sangat membantu keluarga.


" Atas nama keluarga besar kami menyampaikan ucapan terima  kasih kepada Pak Bupati Joune Ganda yang dengan cepat merespon dan memberikan solusi berupa kepulangan jenasah keluarga kami." ujarnya


Bantuan sosial tersebut diserahkan oleh Kadis Sosial Arnoldus Didi Wolayan didampingi oleh Camat Dimembe

Alfons Jorry Tintingon, Hukum Tua Desa Laikit Frans Rotti Manua dan Stafkhusus Bupati bidang Pengembangan Komunikasi dan Informasi Publik Fernandus Yusi Adam.

(**/Ekin)

Iklan